PenyakitBerapa Lama Pulih Cedera Engkel?

Berapa Lama Pulih Cedera Engkel
Berapa Lama Pulih Cedera Engkel

Lamanya penyembuhan cedera engkel tergantung pada tingkat keparahan cedera. Semakin parah cederanya, maka penyembuhan akan lebih lama.

Sebaliknya, jika tingkat keparahan tidak terlalu parah, waktu penyembuhan bisa jadi akan lebih cepat.

Cedera engkel adalah cedera yang terjadi pada pergelangan kaki. Penyebab paling umum cedera engkel adalah peregangan atau robekan ligamen, yang merupakan jaringan ikat yang menghubungkan tulang di pergelangan kaki.

Faktor Penyembuhan Cedera Engkel

Lamanya penyembuhan cedera engkel dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Tingkat keparahan cedera: Cedera engkel ringan akan sembuh lebih cepat daripada cedera engkel parah.
  • Jenis ligamen yang mengalami cedera: Ligamen yang mengalami cedera lebih parah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.
  • Usia dan kondisi kesehatan: Anak-anak dan orang dewasa muda biasanya memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan orang tua atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu.
  • Pengobatan yang diterima: Apakah menggunakan gips, penyangga, atau operasi juga dapat mempengaruhi lamanya penyembuhan.

Tingkat Keparahan Cedera Engkel

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tingkat keparahan cedera engkel:

  • Cedera engkel ringan: Cedera engkel ringan ditandai dengan nyeri ringan, pembengkakan minimal, dan tidak ada perdarahan. Pada cedera engkel ringan, ligamen hanya mengalami peregangan atau robekan kecil.
  • Cedera engkel sedang: Cedera engkel sedang ditandai dengan nyeri sedang, pembengkakan yang lebih jelas, dan mungkin ada perdarahan. Pada cedera engkel sedang, ligamen mengalami robekan yang lebih parah.
  • Cedera engkel parah: Cedera engkel parah ditandai dengan nyeri hebat, pembengkakan yang signifikan, dan kemungkinan dislokasi sendi. Pada cedera engkel parah, ligamen robek sepenuhnya.

Baca Juga : Apakah Cedera Engkel Boleh Dipijat? Ini Penjelasannya

Penanganan Cedera

Jika Anda mengalami cedera engkel, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan:

  • Istirahatkan kaki Anda: Hindari menggunakan kaki Anda sesering mungkin.
  • Kompres kaki Anda dengan es: Kompres kaki Anda dengan es selama 20 menit setiap jam selama 2-3 hari.
  • Naikkan kaki Anda di atas ketinggian jantung: Naikkan kaki Anda di atas ketinggian jantung dengan bantal atau penyangga.
  • Minum obat pereda nyeri: Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Berikut beberapa hal yang dapat membantu mempercepat penyembuhan cedera engkel:

  • Mengikuti instruksi dokter dengan ketat: Ini termasuk memakai gips atau penyangga sesuai anjuran, menggerakkan kaki sesuai arahan fisioterapis, dan minum obat pereda nyeri secara teratur.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi: Makanan kaya kalsium, vitamin D, dan protein sangat penting untuk proses penyembuhan ligamen.
  • Istirahat yang cukup: Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih, jadi pastikan Anda mendapatkan cukup tidur dan istirahat.
  • Mengontrol pembengkakan: Mengompres kaki dengan es dan meninggikan kaki di atas ketinggian jantung dapat membantu mengurangi pembengkakan.
  • Tidak merokok dan menghindari alkohol: Kedua kebiasaan ini dapat memperlambat proses penyembuhan.

Jika rasa sakit dan pembengkakan tidak membaik setelah 2-3 hari, atau jika Anda mengalami gejala lain, seperti demam atau kemerahan, segera periksakan diri ke dokter.

Jika Anda memerlukan konsultasi cedera engkel, Anda dapat menghubungi Gadjah Mada Orthopaedic Center melalui nomor WA/telp :

+6287886594465

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Praktek dr. Adam Moeljono, Sp. OT (K)

We are a friendly team of dentists, hygienists and receptionists who work together to ensure that you receive the best treatment you require.

24/7 Emergency phone
Our Awards

Best Patient Care 2019
Best Practice & Best Team 2018
Best Team & Practice 2017

Working Hours