PenyakitApakah Fungsi Pen Bagi Penderita Patah Tulang?

Apakah Fungsi Pen Bagi Penderita Patah Tulang
Apakah Fungsi Pen Bagi Penderita Patah Tulang

Fungsi pen bagi penderita patah tulang adalah untuk menjaga tulang yang patah agar tetap stabil selama proses penyembuhan.

Pen terbuat dari bahan logam, seperti titanium atau baja, dan berbentuk seperti batang atau kawat. Pen dipasang di dalam tulang melalui prosedur operasi.

Fungsi Pen Untuk Patah Tulang

Fungsi pen bagi penderita patah tulang adalah sebagai berikut:

  • Menjaga tulang yang patah agar tetap berada di posisi yang benar. Pen akan mencegah tulang yang patah bergeser atau berputar. Hal ini penting untuk memastikan tulang yang patah dapat sembuh dengan baik.

  • Mencegah tulang yang patah untuk patah kembali. Pen akan memberikan dukungan dan kekuatan pada tulang yang patah. Hal ini dapat membantu mencegah tulang yang patah patah kembali.

  • Mempercepat proses penyembuhan tulang. Pen dapat membantu tulang yang patah untuk menyatu lebih cepat. Hal ini karena pen akan menjaga tulang yang patah agar tetap stabil dan tidak bergerak.

Baca Juga : Berapa Lama Penyembuhan Patah Tulang Tanpa Operasi?

Jenis Pen Untuk Patah Tulang

Berikut adalah beberapa jenis pen yang dapat digunakan untuk patah tulang:

  • Pen lurus: Pen lurus adalah jenis pen yang paling umum digunakan. Jenis pen lurus biasanya digunakan untuk patah tulang di tulang panjang, seperti tulang lengan atau tulang kaki.
  • Pen bengkok:┬áPen bengkok adalah jenis pen yang digunakan untuk patah tulang yang tidak lurus, seperti patah tulang di tulang pergelangan tangan atau tulang pergelangan kaki.
  • Pen interlocking: Pen interlocking adalah jenis pen yang memiliki ujung yang saling mengunci. Jenis pen interlocking biasanya digunakan untuk patah tulang yang parah atau patah tulang yang terjadi pada orang dewasa.

Pen dapat dipasang melalui berbagai teknik operasi, termasuk:

  • Operasi terbuka

Teknik operasi terbuka adalah teknik operasi yang lebih tradisional. Pada operasi terbuka, dokter akan membuat sayatan besar untuk mengakses area tulang yang patah.

  • Operasi minimal invasif

Teknik operasi minimal invasif adalah teknik operasi yang lebih baru. Pada operasi minimal invasif, dokter akan membuat sayatan kecil untuk mengakses area tulang yang patah.

Pen biasanya akan tetap berada di dalam tubuh selama beberapa bulan atau tahun. Setelah tulang yang patah telah sembuh dengan baik, pen dapat dilepas melalui prosedur operasi.

Jika Anda ingin berkonsultasi tentang penyembuhan patah tulang, Anda bisa hubungi nomor Gadjah Mada Orthopaedic Center lewat WA/telp :

+6287886594465

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Praktek dr. Adam Moeljono, Sp. OT (K)

We are a friendly team of dentists, hygienists and receptionists who work together to ensure that you receive the best treatment you require.

24/7 Emergency phone
Our Awards

Best Patient Care 2019
Best Practice & Best Team 2018
Best Team & Practice 2017

Working Hours